Posts: 3
Threads: 3
Joined: Apr 2010
Reputation:
0
Relay lampu mobil gw keok nih. . Msh ori biem, 30 85 86 87 87b. Dah nyari2 cuma ketemu yang ori, tp harganya tinggi bgt. Yg merk BOSCH cuma ada 30 85 86 87 87 atau merk lain 30 85 86 87 87a, Bedanya apa y? Kalo gw pake aman gak? Mohon yang tau bagi2 ilmunya donk. .
Posts: 262
Threads: 3
Joined: Mar 2008
Reputation:
0
urun rembug ...
Menurut saya sangat bisa diganti. yang penting kita harus pegang prinsip kerjanya dulu.
Sejauh ini yang saya tahu rellay ada 2 macam yaitu normally close dan normally open.
Untuk kaki 5 30, 85, 86, 87, 87 atau 30, 85, 87 dan 87a
Cara kerja yang 30, 85, 86, 87, 87 sbb
Saat kaki 85 diberi arus + dan 86 diberi massa, maka akan timbul kemagnetan yang menyebabkan kutub 30 dan 87 tersambung.
Apabila arus di 85 diputus, maka kemagnetan akan hilang dan kutub 30 dengan 87 tidak berhubungan.
Biasanya relay type ini digunakan untuk beban yang terbagi misalnya HEAD LAMP, jadi 1 kaki 87 dihub ke lampu kiri dan 87 yang lain dihubungkan ke lampu kanan.
Cara kerja yang 30, 85, 86, 87, 87a sbb
Saat kaki 85 diberi arus + dan 86 diberi massa, maka akan timbul kemagnetan yang menyebabkan kutub 30 dan 87a terhubung, tetapi kutub 30 dengan kutub 87 tidak terhubung.
Apabila arus di 85 diputus, maka kemagnetan akan hilang dan kutub 30 dengan 87a juga terputus, sebaliknua 30 akan terhubung dengan 87
Penggunaannya biasa untuk ENGINE STOP (kalau untuk truck), atau kalau mobil jadul untuk memutuskan supaya klakson mati saat lampu dinyalakan.
Konon dulu kalau malam hari kendaraan tidak diperkenankan untuk membunyikan klakson :ph34r: