Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Oli anda bukan TOP 1 kan?
#31
halo prend.....
Gw setuju ama yang pake olie duron dari petro canada....bravo....
Gw pake buat motor vega gw....n banyak temen2 gw pake di mobilnya.....bs mpe 80.000 km
dgn catetan perpack ga bocor ya.n API servis sae 15-40 SM/CJ-4?CI-4plus, buat mptor, mobil bensin, diesel,truck n bus pake cuman 1 macem oli. base oilnya 99,9% pure bisa diminum.
dimotor gw dlu pake olie yang 50rbuan bis jalan jauh pasti bau angus, ini mesin tetep panas tapi ga bau aus.
karena kerjasaya mobile.
bs di chek ke w3.petro-canada.c0m pilih produk DURON E-XL 15-40
kalo minat bisa call saya :ph34r:
Reply
#32
alamat w3.petro-canada.c0m
ini cuman kalo pada sayang motor lho.......
kalo motor awet kendaraan sehat kan lancar cari rejeki.....
Reply
#33
Untuk mobil pake ploduk ploduk Indonesia .. Prima XP
Untuk motor pake Castrol..

Kayaknya soal olie yang penting teratur ganti ya..
Reply
#34
Memang saat ini di Indonesia belum ada ahli OLI yang bisa menjadi rujukan dalam memilih oli yang baik (maybe moga bentar lagi di Indonesia bisa mencetak AHLI2 OLI terbaik), yang saat ini ada adalah ahli mesin. Sekilas apa yang dikatakan oleh teman2 di atas tadi memang benar, bahwa patokan kita supaya bisa memilih oli yang baik adalah dari adanya tanda sertifikat pengujian oli, yang saat ini yang banyak digunakan adalah dari API (American Petroleum Institute), karena itu pilih oli yang tandanya API Service yang berbentuk "Donut" (lingkaran) dan menunjukkan grade yang tertinggi (saat ini SM untk bensin dan CJ untuk diesel), jadi jangan terkecoh hanya melihat tulisan API, karena kalau hanya tulisan saja tanpa ada gambar "Donut" itu diragukan, siapapun bisa mencantumkannya.
Di Indonesia ada Laboratorium untuk menguji oli juga yaitu CORELAB, maka dari itu jika teman2 ada yang mau meneliti oli yang saat ini digunakan (oli konvensional) maka bisa datang aja ke CORELAB untuk menguji apakah olinya masih layak pakai atau tidak. Teman saya ada yang care mengenai OLI sampai2 setelah dia menggunakan OLI DURON E XL dari PETRO CANADA dikendaraannya saat ini sudah sekitar 45.000 km belum pernah ganti OLI dan mesin kendaraannya tidak pernah rewel (hanya ganti filter udara) dan dia juga sudah menguji OLI DURON E XL tersebut di CORELAB, dengan hasil rekomendasi "OLI MASIH LAYAK PAKAI".
Maka oleh sebab itu, kita dalam memilih oli jangan didasarkan oleh saran bengkel yang notabene ahli mesin, penjual oli yang notabene merekomendasikan oli yang bagi dia keuntungannya paling gede, dan juga jangan didsarkan pada Iklan, yang notabene ARTIS itu bukan ahli OLI.

Saran saya.... PILIH OLI Yang bisa melindungi mesin sampai 2 juta km, dan dengan masa ganti oli (drain intervalnya) bisa lebih dari 40.000 km (bisa juga 80.000 km)..... makanya pakai aja OLI dari PETRO CANADA yaitu DURON E XL, yang mana dengan 300 rb / liter bisa dipakai lebih dari 2 tahun......
LUAARRRR BIAASSSAAAAAA.....
Reply
#35
wah kalau menurut sy sangat riskan sekali memakai oli sampai lebih dari 20. 000 Km terutama untuk small engine dgn kapasitas oli cuma 4 liter, apakah oli filter nya akan mampuh bertahan selama itu, dan kalau mau jujur, apakah orang yg pernah pakai oli synthetic tersebut (Duron) tidak pernah menambahkan oli sama sekali selama kurun waktu yg lama tersebut? setahu saya, biasanya oli sebagus apa pun, setelah pemakaian 10. 000 KM pasti harus menambahkan 1 liter terutama kalau kita mengendarai kendaraan di jalan seperti Jakarta yg macet ini. 
Dan mengenai oli yg cepat menguap, bukan berarti oli tersebut banyak mengamdung air yg akan menguap pd suhu tinggi, tetapi karena kwalitas oli yg digunakan mutunya rendah karena mempunya flash point yang rendah.  jika dibandingkan dgn sintetik terutama PAO ( ini adalah jenis yg digunakan untuk oli mesin) tipe PAO ini memang mempunyai ketahanan terhadap panas yg sangat bagus jika di bandingkan dgn mineral base dan juga mepunyai nilai pour point yg lebih rendah dibandingkan dgn mineral base, sehingga PAO sangat baik sekali di gunakan pd negara yg punya 4 iklim terutama di daerah yg dingin sekali karena PAO base mempunyai VI yg jauh lebih tinggi di bandingkan dgn mineral base (PAO VI bisa mencapai 150-160, sedang MIneral berkisar 90-120).
Dgn perkembangan tehnologi mesin kendaraan jaman sekarang yg mengandalkan presisi untuk menghasilkan kendaraan yg irit tp jg harus bertenaga besar, maka kemampuan dr oli hrs mengikuti, yg mana itu di atur oleh API Service dan SAE.  Semakin tinggi API Service nya, semakin banyak kandungan additive nya.  dan untuk kekentalannya (SAE) kalau menurut sy bisa di sesuaikan dgn Manual booknya yg mana mereka mengikuti iklim di mana kendaraan digunakan.  tp prinsip sy semakin jauh rentang SAE nya adalah yg lebih baik sebagi contoh 15w50 lbh baik dr 20w50, 0w50 jauh lbh baik dr 20w50.
dan mengenai kwalitas, dalam membandingkan kwalitas harus apple to apple, maksudnya spt ini kita harus membandingkan oli yg memilik API service yg sama, jgn bandingkan oli dgn API SJ dgn oli API SM, ini bukan perbandingan yg adil. 
sy sebenarnya ingin bicara lebih banyak mengenai oli, tp terlalu banyak untuk di ulas satu per satu.  untuk saat ini sekian dulu dari saya mudah2an nanti sy bisa lanjutkan.
yang terpenting dalam memilih oli kalau menurut sy, pilih oli dgn merk yg sdh jelas spt Pertamina, Petronas, Conoco, Shell dan merk dunia lainnya.  dan yg lebih penting lg adalah pilih yg asli. 
Reply
#36
Halo semuanya. . mau share juga nech mengenai oli duron dari canada. . .
awalnya sih saya kurang percaya dgn oli yg bisa digunakan hingga 80. 000 Km karena belum ada di indonesia. . . .
kebetulan background education saya adalah orang mesin jadi saya tahu sedikit mengenai perolian dan saya minta orang duron tsb mengirimkan ke saya semua informasi teknologi perolian petro canada lalu. . . dan sayapun mendapatkannya. . lalu saya cari-cari di internet mengenai ilmu perolian baik yg di indonesia dan di luar negeri dan juga di websitenya petro canada sendiri (w3. petro-canada@ FO)
dan informasi yang saya peroleh dari internet tsb mengatakan teknologi Hydrotreating Severe Hydrocracking da Hydroisomerization adalah teknologi yang paling mahal di dunia karena base oil yang menggunakan teknologi ini adalah masuk dalam golongan PAO (Poly Alfa Olefin) karena tidak mengandung unsur yang lain yang membuat oli menguap/berkurang. . . .
kemudoan saya mencoba nya di motor Honda Revo th 2008 saya. . . . dan saya sudah menggunakannya sejak bulan Januari 2009 dan saat ini sudah hampir 10. 000 Km dan sudah 6 bulan belum pernah service yang saya rasakan memang berbeda dgn oli biasa. . . suara mesin terasa lebih halus & akselerasi lebih bagus dari yg sebelumnya bensin saya rasakan lebih hemat 15% (lumayan) terus saya coba test suhu mesinnya dgn memegang knalpot dan mesin seperti orang olinya bilang. . . lalu saya coba tuch. . . ternyata memang lebih hangat dari sebelumnya saya coba pegang knalpot selama 2 detik. . panas sih panas ya. . . tp tangan saya ngak apa-apa ko'. . . terus minggu lalu hari jumat saya chek olinya apakah berubah warna dan apakah sudah berkrang. . . . . warna oli duronya masih kuning gelap dan masih kental bangat. . ketika saya chek belum ada bram, dan oli juga gak berkurang (tetap masih penuh sesuai jumlah kapasitas mesin). . . minggu lalu hari jumat di jl.  jend.  gatot subroto saya coba geber pake Gigi 3. . bisa tembus 85 Km/jam dan mesin masih terdengar & terasa halus. . . . itupun karena sudah 6 bulan tidak saya service. . . . munkin kalau saya service kondisinya ebih baik kali ya. . . . . .
tapi dalam minggu ini saya mau Tune Up mesin dulu, setting karburator dan bersihkan saringan udara biar mesin lebih baik lagi. . . . . .
jadi saya mau terus coba ol Duron ini apakah mampu digunakan hingga 80. 000 Km. . ? menurut saya. . . 70. 000 Km itu sudah luar biasa ya. . . . . . . !!! karena informasi yg saya baca di website petro canada sudah banyak perusahaan yg menggunakan oli duron ini. . . ada testimonialsnya lagi dalam bentuk pdf.  dan sudah dugunakan di 73 negara. . . . . sejak th 96 kl gak salah tuch. . . . . terus saya baca lagi . . ternyata petro canada adlh perusahaan yg pertama kali menghasilkan base oil termurni di dunia 99,9% th 2002 hingga saat ini blm ada yg 100%, berarti base oilnya masuk dlm golongan PAO dong. . . ??
Saya akan terus coba oli duron ini. . . nantikan informasi dari saya yang mengunakan oli duron pd motor honda Revo saya. . . . .
Reply
#37
Informasi mengenai oli yang bisa digunakan hingga puluhan ribu Km ini membuat saya bertanya kenapa oli kita di indonesia tdk ada yang bisa digunakan hingga puluhan ribu Km yah. . . ? buat ajalah paling jelek 20. 000 Km ko ga ada juga sech. . . . . . ? padahal waktu saya tanya teman saya yang kuliah di New Jeland. . kalau disana mobil loe ganti oli dan Service Tune Up tiap berapa ribu km. . . terus dia jawab: "cuman 1 kali dalam setahun atau tiap 25. 000 Km" . . . o. . . gitu ya. . . . ? iya. . . . bedalah indoensia dgn luar negeri. . . teman saya bilang begitu. . .
hal ini menjadi pertanyaan bagi saya kepada oli yg beredar dipasaran kita indonesia. . . . sebenarna kenapa nech. . . . . ?
menurut saya memang benar juga ya oli sebenarnya bisa digunakan hingga puluhan ribu km kl kualitasnya memang baik dan sudah teruji di API. . . .
Sempat terlintas di pikiran saya sebuah pertanyaan. . . .
Oli yg digunakan oleh pesawat Ulang-alik luar angkasa yg pertama kali pake oli apa yah. . . . . . ko bisa dipake hingga ratusan ribu km lebih. . pulang pergi lagi. . . . berarti 1 juta km lebih dong. . . . . ?
padahal itu sudah lama sekali ya. . . . nah. . hal ini pulalah yg menbuat saya berfikir berarti sebenarnya oli dgn kemampuan bisa digunakan hingga puluhan ribu km sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yg lalu. . . . cuman di negara kita indonesia tidak dipasarkan. . . . kurang menguntungkan dari sisi bisnis. . . . .
nah. . . dari logika inilah membuat saya semakin yakin dgn oli Duron ini. . . . . berarti pengusaha oli di pasaran indonesia cuman mau untung sendiri aja dong. . . tdk untung sama2. . . . . wah jadi membuat saya yakin trhdp oli duron ini. . . .
Terus timbul di benak saya. . . kenapa oli dgn kemapuan hingga puluhan ribu km tdk pernah ada di Iklan televisi atau majalah yg berbau otomotif ya. . . . . ?
saya coba tanya tuch sama orang oli duron nya. . . . . jawabnya: ya. . pastilah akan menimbulkan kontroversi mas. . . . . itu sama aja kita secara perlahan-lahan mematikan pasaran mereka secara tidak langsung. . . . . jawab saya: berarti sistem oli kita di indonesia sudah salah dari awal ya. . . . . ? wah. . kl gitu sulit juga utk merubahnya ya. . . ? paling yg mau beli oli dgn kualitas tinggi hanya orang2 yg punya uang saja dan peduli dgn perawatan. . . .
Reply
#38
oli Duron yg saya pake di motor revo saya juga sudah saya saring pada saat di Km 9000 (padahal saran orang oli duron nya setelah 2000 Km lo harus disaring dulu. . . tp saya lupa hingga digunakan sejauh 9000 Km) pakai kain putih yg tebal yg halus. . supaya mengecek apakah benar tidak ada bram dari bekas gesekan dan saya gunakan juga magnet apakah ada butiran bram yg halus yg tertarik oleh magnet. . . ternyata olinya bersih dan pd magnet tdk ada bram yg tertinggal. . . . . . berarti memang benar seperti orang olinya bilang mengenai Superior Bore Polish Protection oleh Oli Duron sangat luar biasa. . . dan sudah lulus uji international pada mesin eropa amerika dan jepang. . . dia mampu meciptakan lapisan film yg baik sehingga gesekan tdk terjadi (bisa dibilang duron mampu meniadakan gesekan) gesekan antara dinding slinder dgn Piston dan ringnya. . . sehigga kerja mesin lebih halus dan sempurna. . . .
Reply
#39
sebenarnya konsumen yang menggunakan  Oli Duron dari petro canada ini sudah banyak sekali terutama di daerah jawa timur, surabaya, jawa tengah karena kantor pusat Oli Duron yg merupakan importirnya ada disurabaya. . . dan bahkan sudah ada komunitas motor pengguna oli duron namanya FROMCI (Future Renewal Oil Motor Club Indonesia)  dan juga perusahaan angkutan maupun industri cuman saya dapat informasinya oli Oli produk Petro Canada ini tidak dipublikasikan secara meluas untuk menghindari kontroversi dgn produk2 lainnya yg kualitasnya di bawah Duron. . . . . .
mengenai statement oleh Bro Grecco95 yg mengatakan: "Kayaknya soal olie yang penting teratur ganti ya. . " saya bisa menyimpulkan bahwa Bro Grecco95 termasuk salah satu orang yang termakan oleh saran bengkel ataupun iklan. . . . . . coba kita pikirkan dech secara logika dan secara rasional. . . . . kenapa di indoensia tdk ada oli yg bisa digunakan begitu lama hingga puluhan ribu kilometer seperti di eropa dan amerika. . . ?? padahl di internet saya sudah cari2 informasi mengenai oli di luar negeri kebetulan saya dapat salah satu contoh oli AMS OIL yg ditest dan digunakan hingga 409. 000 Km tanpa ganti oli dan kondisi mesin masih bagus dan bukti testnya ada serta foto2nya saya download di internetdlm bentuk pdf. . . . . . berarti sebenarnya oli dgn Drain Interval hingga puluhan ribu km bahkan ratusan ribu km sudah ada sejak dulu. . . . . hanya cuman di indonesia tdk dipasarkan oleh pengusaha2 oli dinaggap kurang menguntungkan dan mereka melihat karakter orang indonesia yng suka harga murah dan gampang terpengaruh oleh iklan dan saran bengkel yg notabennya belum paham betul mengenai perolian. . . .

dan statement Bro Lubtec yg mengatakan: "Dan mengenai oli yg cepat menguap, bukan berarti oli tersebut banyak mengamdung air yg akan menguap pd suhu tinggi, tetapi karena kwalitas oli yg digunakan mutunya rendah karena mempunya flash point yang rendah.   jika dibandingkan dgn sintetik terutama PAO ( ini adalah jenis yg digunakan untuk oli mesin) tipe PAO ini memang mempunyai ketahanan terhadap panas yg sangat bagus jika di bandingkan dgn mineral base dan juga mepunyai nilai pour point yg lebih rendah dibandingkan dgn mineral base, sehingga PAO sangat baik sekali di gunakan pd negara yg punya 4 iklim terutama di daerah yg dingin sekali karena PAO base mempunyai VI yg jauh lebih tinggi di bandingkan dgn mineral base (PAO VI bisa mencapai 150-160, sedang MIneral berkisar 90-120). " boleh juga. . . tapi Bro Lubtec perlu tahu bahwa Base Oli yang di proses melalui Technologi Hydrotreating Severe Hydrocracking dan Hydroisomerization adalah base oil yg masuk dalam golongan PAO karena kemurniannya 99,9% mendekati sempurna. . berarti base oil tsb tdk mempunya kandungan yg membuat dia menguap dan Oli yg sangat murni tentu  saja sangat tahan terhadap suhu yang tinggi. . . . meningkatnya suhu mesin itu bukan hanya disebapkan oleh komponen yang begesekan tapi kandungan2 di dalam oli yg tidak murni yang membuat suhu mesin tsb semakin panas sehingga menyebapkan oli cepat mengalami breakdown dan tidak mampu melumasi dgn baik sehingga mengakibatkan suhu mesin meningkat. . . . jadi semuanya itu menurut saya terletak pada oli itu sendiri apakah dia mampu menciptakan "Crevice Volume" (lapisan film) dgn sangat baik antara dinding slinder dgn piston dan ring piston dan pada bearing dan bantalan duduk pada Crankshaft sehngga suhu mesin tetap normal ditambah lagi dgn Viscosity Indexnya yang tinggi yg mana pada suhu yg tinggi sekalipun kekentalannya tdk cepat trun secara drastis. . . . . .
Apa artinya kekentalan 20W-50 tapi kalau ternyata Viscosity Indexnya rendah. . . . . . . menurut saya tdk ada artinya oli kental-kental. . . yg paling penting adalah Flash Point dan Viscosity Index Oli intu sendiri berdasarkan hasil uji test laboratorium secara international oleh API.
Reply
#40
gan ada yang pernah mencoba OLI BM 1? apa kelebihan dari oli BM1?
thx atas masukan nya. . .
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)