Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tidak Pegang Cash? Ini Solusi Bayar Service di Bengkel Mobil
#1
Kalau mau ke bengkel mobil, tentu ada biaya yang perlu dikeluarin kan. Tapi kadang kita malas ke ATM buat ambil uang cash. Atau misalnya mobil bermasalah di tengah jalan pass kita lagi gak pegang uang cash. Tetap tenang!

Nah, ada solusinya nih. Beberapa mungkin kita sudah tahu, tapi beberapa solusi lain ini bisa dicoba loh. Apa saja solusinya? Yuk simak:

1. Pakai Debit dan Kartu Kredit
Kalau bengkelnya punya mesin EDC, ya tinggal gesek aja pakai kartu debit ataupun kartu kredit. Nah, kalau beda bank, pastikan untuk tanya biaya transaksi beda banknya ya.

2. QRIS
QR code dari Bank Indonesia ini bisa digunakan untuk pembayaran dari apapun. Dari bank mana saja, ataupun dari aplikasi-aplikasi pembayaran seperti DANA, OVO, Shopeepay, Gopay, dll. Yang penting kita punya e-banking di Handphone.

3. Transfer ke Rekening Bengkel
Kalau memang mesin EDC sedang bermasalah, sedang tidak pegang cash, dan bengkel tidak punya QRIS, solusinya adalah dengan menggunakan e-banking ke rekening bengkel. Kebanyakan bengkel punya rekening khusus ini. Cuma masalahnya, mungkin akan ada biaya tambahan kalau bengkel menggunakan rekening yang berbeda dengan rekening kita. Kebanyakan sih bengkel-bengkel pakainya rekening BCA atau rekening mandiri. Namun kalau di pedesaan, biasanya mereka pakai BRI.

4. Ya Terpaksa ke ATM
Kalau tiba-tiba ternyata tidak bisa buka e-banking, ya mau tidak mau harus ke ATM. Misalnya e-banking kita lagi error. Atau handphone tiba-tiba bermasalah... hahahaa. Kalau sudah di ATM tinggal pilih saja, mau tarik uang cash, atau mau langsung transfer ke rekening bengkel.

Lebih baik sih langsung transfer ke rekening bengkel karena aliran uang akan lebih mudah dikenali. Kalau tiba-tiba tarik uang 2 juta, nanti dikira istri di rumah habis tarik uang buat jajan di panti pijat bisa bikin repot.

Kalau mau transfer di ATM dan rekening bengkel berbeda dengan bank yang kita gunakan, pastikan untuk tahu apa kode bank rekening bengkel tersebut. Memang sih, di mesin ATM nanti bakalan kasih daftar kode bank. Tapi nyarinya agak bikin pusing, dan bakalan bikin lama di ATM. Kasihan mereka yang sudah menunggu lama di antrian belakang. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk cari tahu apa kode bank rekening bengkel tersebut sebelum ke ATM. Untuk daftar kode tersebut, silahkan cek: daftar kode bank.

5. Hutang dengan Titip Jaminan ke Bengkel
Misalnya malas ke ATM karena tidak ada kendaraan (kan mobil sedang diservice), atau karena sebenarnya lagi bokek tidak ada uang di ATM, ya bisa saja sih sebenarnya hutang ke bengkel. Dengan catatan pemilik bengkel adalah teman dekat atau keluarga dekat. Hahaha. Tapi kalau memang pemilik bengkel bukan orang yang kita kenal, mau tidak mau ya memberikan jaminan sementara ke bengkel tersebut.

Beberapa barang yang bisa diterima sebagai jaminan di bengkel adalah STNK kendaraan beserta KTP (jika nominal hutang kecil), handphone, atau barang berharga lainnya. Ada juga sih yang nitipin anaknya ke bengkel sementara si orang tua ambil duit ke ATM. 

Demikianlah beberapa solusi bayar bengkel saat ternyata tidak bawa cash. Semoga membantu ya.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)